Lecture & Demonstration Ninja ( ・∀・)ノ ---===≡≡≡ 卍


Hai! kali ini aku excited bgt mau share acara ALL ABOUT NINJAAAAA!!! acara ini ada di Summitmas 1 Lt.2 hari Minggu 15 Juli kemarin, awalnya aku ga tau sama sekali kalau ada acara Japan Foundation ini, aku diajak kakakku dan langsung daftar dari https://livelifeindo.com/ *ketauan dr kecil nontonnya Ninja Hattori sama Naruto.. hahaha*. Setelah daftar aku dapat e-mail ini nih...


Ini kali pertama aku ke gedung Summitmas dan untung masih keburu sampai sana jam satu-an. Sempet bingung karena hari Minggu gedung kelihatannya sepi tapi pas sampe dalem ternyata rameee bener *ternyata yg antusias dengan acara ini banyak juga 😁*


Didepan ada Kak Edo *penerjemahnya, kakaknya seru jadi ga bosen denger panjang lebar*, Yuji Yamada Sensei (Professor, beliau peneliti sejarah ninja), Katsuya Yoshimura Sensei (Associated Professor, beliau mempelajari dan meneliti literatur dan teater Jepang), dan Jinichi Kawakami Sensei (Specially Appointed Professor serta Direktur Kehormatan Ninja Museum di Igaryu. Beliau kepala keluarga ke-21 keluarga Ban dari klan Koka dan mempelajari ninjutsu ~ ninjutsu adalah teknik general untuk bertahan serta menyelamatkan diri) *bisa ngeliat ninja terakhir di abad 21 dengan mata kepala sendiri itu rasanya... ga bisa diungkapin lah senengnya* ketiga Professor ini dari Mie University. Penjelasan dari Sensei2 juga ditayangin di slide dalam bentuk tulisan dan gambar jadi lebih mudah dipahami.

Slidenya banyak... tapi ga ngebosenin bacanya... malah aku seneng fotoin slidenya satu2

Aku cukup kaget karena ternyata hal2 yg aku pikir soal ninja itu bener ternyata ga nyata... mulai dari fakta kalau ninja sebenarnya ga ada *Sebutan ninja muncul sejak tahun 1950-an. Sebutannya di zaman dulu ada di zaman itu sebutannya Shinobi, Rappa, Suppa, Kusa, Kamari, dkk dan tugasnya sebagai pencari informasi, menjelajah daerah, menjaga daimyo, menjaga gerbang, keliling istana, dsb namun misinya berakhir bersamaan dengan berakhirnya zaman Edo*, ga ada summon2 hewan apalagi katak, ga pake baju hitam2 atau tutup2 wajah *kalau di teater dipakai baju hitam atau penutup wajah biar lebih gampang tau mana ninjanya... nyatanya shinobi zaman dulu harus berbaur dengan warga sekitar dan warna baju gelap itu warna pakaian yang biasa dipakai di zaman itu dan warna gelap bisa tersamar dgn warna lain *, ga ada jurus2 macem sihir2, ga ada kunoichi 😭 *istilah kunoichi muncul di fiksi setelah perang dunia ke2*, ninja ga bawa senjata kalau pergi*barang yang dibawa shinobi ada amigasa, kaginawa, sekihitsu, kusuri, sanjaku, dan uchitake... ga ada senjata2nya sama sekali malah mereka harusnya menghindari baku hantam*. Kenapa bisa muncul image "ninja" seperti yang kita tahu sekarang??? jawabannya MEDIA HIBURAN (novel, teater, buku2 manga atau buku dengan tema ninja) yang berperan besar dalam perkembangan ninja yang ada saat ini, jadi wajar aja kalau banyak yang kurang tahu  *atau aku doang yang ga tau sampe acara kemarin?*. FYI... nama Saratobi Sasuke dan Jiraiya itu asalnya dari novel soal ninja loh *jadi inget manga Naruto kan? wkwkwk*. Image dari "ninja" itu sendiri tergantung pencipta dan masa nya, hebatnya mereka sangat terbuka dengan perkembangan media hiburan bertema ninja yang sudah muncul dan yang akan muncul di masa mendatang.

Setelah tau sejarah asal ninja dari Yuji Yamada Sensei dan Katsuya Yoshimura Sensei, giliran Jinichi Kawakami Sensei yang beraksi... Demonstrasinya butuh diacungi jempol, pokoknya keren banget!!! Sayang aku ga pilih kursi depan jadi ga bisa videoin jelasnya *maaf juga aku kurang pinter buat video*.

Kerennya... jadi inget jurus2 di manga Naruto...

Ini dia video terfavorit... lempar2 jarum!

Ayoo... kalau kamu bisa jalan kaya gini ▲ berarti kamu cocok belajar ninjutsu! hahaha... aku sih ga sanggup

Butuh diketahui ninjutsu itu bukan bujutsu dan untuk belajar ninjutsu itu ga main2... latihan spirit dan fisiknya luar biasa karena untuk meningkatkan kelima indera dan pernapasan. Sebelum post ini kuupload aku sudah coba beberapa teknik2 ternyata sulit... kalau bersembunyi di bayang pohon mah aku masih bisa *emang dasarnya tukang manjat pohon dan pagar rumah kalo lupa bawa kunci.. hahaha*, gaya monyet masih bisa, jalan kura-kura masih bisa kulakuin, tapi sudah coba langkah kelinci di rumput yang rimbun udah ga kuat *coba kalian jalan jongkok sambil injak telapak tangan sendiri... sakit euy*, latihan pernapasannya juga aku ga bisa... coba aja napasnya TARIK - BUANG - BUANG - TARIK - BUANG - BUANG - TARIK - TARIK - BUANG - TARIK sambil menggunakan teknik pernapasan terbalik (kembungkan perut ketika menghembuskan), teknik menyelam sudah pasti ga bisa karena aku ga bisa berenang... hahaha, teknik berjalan kaya foto diatas? ga kucoba takut keseleo... Pokoknya banyakan aku ga bisanya daripada bisanya. Salut buat Jinichi Kawakami Sensei master ninjutsu!

Setelah sesi tanya jawab acaranya akhirnya selesai, kami dapat cemilan, goodie bag, sama dapat origami buatan Sensei2 setelah kumpulin kuesioner yang dibagi di awal acara.

▴▴▴Isi goodie bagnya ▴▴▴

Origaminya dapat dua karena pergi ber2 *snacknya pemanis aja*...  lucu dan rapi banget, Sensei2 niat sekali buatnya ~ ♡

Ada spot buku2 yang menarik nih di dekat tempat snack...

Terima kasih Japan Foundation sudah buat acara yang seru satu ini!!! akhirnya aku ga penasaran lagi soal ninja, dapat ilmu dan dapat teman hahahaha! Maaf ya kualitas foto dan videonya kurang bagus~ nanti diusahakan kedepannya bagusan ya 😃. Semoga aku bisa ikut acara seru macam begini lagi ya... 😁

-Alicia❣

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Neko Atsume!

Pertama kali baca karya Banana Yoshimoto-sensei "Rumah Tepi Danau"

Misteri Gadis Yugoslavia dalam 'Goodbye Fairy'