Angels of Morning Star Club: Apa kesempatan kedua itu ada?

"Apakah mantan narapidana itu bukan manusia? Apa mantan narapidana itu sudah pasti orang yang jahat? Pantas saja orang-orang yang mantan narapidana seperti saya ini selalu ingin pergi menghilang dari dunia ini karena dianggap buruk oleh semua orang. Orang berpendidikan seperti Anda saja memperlakukan kami seperti ini."
-Lim Se Hyuk-

Hallooo. Di tahun ini aku mau memberi tantangan untuk diriku sendiri dengan membaca 50 buku selama tahun 2020. Apakah mungkin aku bisa membaca sebanyak itu?

Judul Buku  : Angels of Morning Star Club (Hangul: 샛별 클럽의 천사들) 
Pengarang  : Lim Se Hyuk (Hangul: 임세혁)
Penerbit  : Penerbit Haru
Tahun Terbit  : Cetakan pertama, Maret 2015
ISBN  : 978-602-7742-45-1
Ukuran  : 14 x 20 cm
Tebal Buku  : 370 halaman
Sinopsis  :
Namaku Lim Hwi Chan. Seorang mantan narapidana yang sekarang menjadi penjaga toko yang menyedihkan. Umurku 27 tahun dan aku suka menonton film thriller berulang-ulang sampai 30 kali. Aku juga suka melampiaskan emosi dengan mengepel lantai yang kotor gara-gara keteledoran para siswi yang makan mi instan dan kimchi sembarangan di tokoku. Memang, aku tidak bisa disebut panutan, tapi juga tidak bisa disebut sebagai pecundang hanya karena pernah dipenjara. 

Aku memang mantan narapidana, tapi aku muak selalu dicurigai. Aku hanya ingin melupakan semua kenangan itu. Tapi, sepertinya seluruh dunia sudah terlanjur mengecapku sebagai seorang "Mantan Narapidana" dan mereka menolakku. 

Sampai aku menemukan perkumpulan aneh bernama "Morning Star" yang malah mencari mantan narapidana sebagai anggota. Sebenarnya, perkumpulan apa ini?


Oke... Awalnya aku tertarik dengan novel ini karena kover dan sinopsisnya, aku sangat suka kovernya yang bertekstur dan sinopsisnya yang membuatku sangat ingin membacanya. Entah kenapa gambar karakter berbaju jingga di bagian bawah kover benar-benar menarik perhatianku, membuatku penasaran tentang kisah sebelum Lim Hwi Chan menjadi mantan narapidana. Banyak hal yang ingin aku bahas tentang novel ini, tetapi aku mengurungkan niatku untuk menghindari spoiler (aku tidak ingin merusak sinopsisnya, sinopsis yang sudah berhasil menarik perhatianku itu).

Aku ingin memberi nilai 4 dari 5 untuk novel ini. Ceritanya ringan namun kaya makna, rasanya cerita ini penuh kehangatan hingga akhir paragraf. Banyak nilai yang ku ambil dalam cerita ini seperti cinta, persahabatan, nilai kejujuran, dan lainnya. Aku sempat bosan di bab-bab tertentu karena terlalu banyak penjelasan, tapi disisi lain penjelasannya yang detail juga membantuku memahami situasi dan karakter setiap tokoh. Akhir ceritanya tidak menggantung (aku senang sekali hahaha! aku kurang suka akhir cerita yang menggantung kecuali memang ada lanjutannya). Penulis sangat konsisten menggambarkan karakter setiap tokoh dan rasanya sangat menyenangkan saat membaca interaksi antar anggota Morning Star yang karakternya sangat berbeda antara satu dengan lainnya.

Ada kalimat dalam novel ini yang sangat menarik untukku
"Aku tidak menyangka kalau aku bisa merasa bahagia seperti ini. Entah kenapa aku merasa kalau kami bisa saling mengerti satu sama lain, lebih dari yang bisa kubayangkan sebelumnya. Apa mungkin karena kami memiliki latar belakang yang sama? Paman-paman ini bahkan tidak sekali pun menghakimiku yang mantan narapidana ini."
Walaupun novel ini tidak termasuk ke dalam genre favoritku, aku tetap ingin merekomendasikannya untuk kalian yang sedang mencari bacaan ringan yang mampu menyentuh hati. 

-Alicia♡

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Neko Atsume!

Pertama kali baca karya Banana Yoshimoto-sensei "Rumah Tepi Danau"

Misteri Gadis Yugoslavia dalam 'Goodbye Fairy'