🏃 Approximating the Distance Between Two People 🏃

"Apakah itu bisa diperbaiki dari sekarang? Dalam 20 km ini? Jarak ini terlalu jauh untuk sekadar berlari. Akan tetapi, aku tidak tahu apakah ini jarak yang cukup untuk memahami seseorang."
-Yonezawa Honobu-

Judul Buku : Approximating the Distance Between Two People (ふたりの距離の概算)
Pengarang : Yonezawa Honobu (米澤 穂信)
Penerjemah : Liticia Helmi
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun Terbit : Cetakan pertama, Juni 2020
Genre : Misteri
Kategori : 13+
ISBN : 978-623-7351-33-7
Ukuran : 13 x 19 cm
Tebal buku : 316 hlm
Harga buku : Rp 93.000
Sinopsis :
Musim semi telah tiba. Klub Sastra Klasik
akhirnya naik ke kelas 2 SMA. Hotaro
dan teman-temannya menyambut seorang
calon anggota baru kelas 1 Klub Sastra Klasik
bernama Ōhinata.

Akan tetapi, belum sempat gadis itu menjadi
anggota resmi klub, dia tiba-tiba menyatakan
mundur dengan alasan yang tidak jelas
dan mencurigakan.

Bisakah Hotaro menemukan alasan
gadis tersebut mundur sebelum
tanggal pendaftaran resmi? Sialnya, hari itu
adalah hari turnamen marathon, jadi Hotaro
harus berpikir sambil berlari, kegiatan yang
melawan prinsip hemat energinya....


Aku sangat senang saat Penerbit Haru mengumumkan akan menerbitkan Hyouka 5 pada akhir Juni 2020, aku ingat betul saat itu aku langsung menyisihkan gajiku untuk membeli novel ini. Anime Hyouka hanya merangkum cerita mulai dari Hyouka hingga The Doll that Took A Detour, dan novel ini merupakan kelanjutannya. Bonus PO kali ini terdiri dari notes, pin, 4 pembatas buku yang merupakan bonus dari pembelian buku sebelumnya, dan postcard bertanda tangan digital penulis. Aku tidak menyangka kalau buku ini akan dilengkapi postcard berTTD digital dari Yonezawa Honobu-sensei terutama karena masih masa pandemi, salut untuk tim Penerbit Haru yang mengupayakan postcard ini.

Aku ingin memberi nilai 4,8 dari 5 bintang, aku sedikit bosan karena endingnya tertebak olehku dengan sangat mudah, tapi misterinya tetap menakjubkan seperti biasa. Aku sempat kebingungan dengan alurnya yang maju mundur serta beberapa penjelasan pada catatan kaki buku ini, sepertinya hanya itu kesulitan yang kuhadapi saat membaca buku ini. Plot dan penokohan yang detail sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan ketelitian dan keniatan penulis dalam menulis buku ini. Kover buku ini merupakan hasil voting pembaca yang sebelumnya diadakan di instagram penerbit, kover ini sangat manis.

Penulis sepertinya telah mengembangkan karakter Hotaro menjadi lebih peka, lebih dewasa, dan lebih fleksibel daripada cerita sebelumnya (mungkin efek karena sudah menjadi senior). Menurutku pribadi perkembangan Hotaro yang terlihat paling jelas jika dibandingkan dengan seluruh anggota Klub Sastra Klasik, buktinya dia mau berusaha membantu meluruskan kesalahpahaman Ōhinata sambil lari marathon 20 km walaupun dia sudah tahu bahwa perbuatannya akan bertentangan dengan prinsip hidupnya sendiri. Kelanjutan cerita mengenai hubungan Satoshi-Mayaka juga disinggung dalam novel ini, hubungan mereka patut dinantikan terlebih karena sebelumnya Satoshi sudah mematahkan coklat Mayaka (baca Hyouka #4).


Buku ini sangat menarik terlebih untuk pecinta seri Kotenbu. Aku penasaran bagaimana reaksi pertama kalian saat selesai membaca novel ini? Apa ada hal yang kalian sukai atau tidak sukai saat membaca novel ini? Maafkan karena aku akan mengakiri post kali ini sampai disini. Sekian dan sampai jumpa di post selanjutnya.

-Alicia💖


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Neko Atsume!

Pertama kali baca karya Banana Yoshimoto-sensei "Rumah Tepi Danau"

Misteri Gadis Yugoslavia dalam 'Goodbye Fairy'