Titian Kejahatan: Tungkai siapa ini?!

"Masih ada waktu, pikirnya. Waktu untuk apa, Strike tidak memperjelas bahkan kepada dirinya sendiri."
-Robert Galbraith-
Judul Buku : Titian Kejahatan (Career of Evil)
Pengarang : Robert Galbraith
Penerbit : Penerbit Gramedia
Alih Bahasa : Siska Yuanita
Tahun Terbit : 2016
Genre : Misteri
ISBN : 978-602-03-2636-8
Ukuran : 23 cm
Tebal buku : 552 hlm
Harga buku : Rp 178.000
Sinopsis :
Sebuah paket misterius dikirim kepada Robin Ellacott, dan betapa terkejutnya dia ketika menemukan potongan tungkai wanita di dalamnya.

Atasan Robin, detektif partikelir Cormoran Strike, mencurigai empat orang dari masa lalunya yang mungkin bertanggung jawab atas kiriman mengerikan itu—empat orang yang sanggup melakukan tindakan brutal.

Tatkala polisi mengejar satu tersangka pelaku yang menurut Strike justru paling kecil kemungkinannya, dia dan Robin melakukan penyelidikan sendiri dan terjun ke dunia kelam tempat ketiga tersangka yang lain berada. Namun, waktu kian memburu mereka, sementara si pembunuh kejam kembali melakukan aksi-aksi yang mengerikan...

◔◑◕⬤


Kejayaan biro jasa detektif partikelir milik Cormoran Strike—yang diperoleh setelah keberhasilan Cormoran dan Robin dalam membongkar kasus pembunuhan Lula Landry dan Owen Quine—hancur lebur setelah kabar pengiriman tungkai tersebut tersebar ke media. Paket gila itu saja sudah terasa sangat ganjil, tetapi pesan singkat berisi penggalan lirik lagu yang menyertainya juga tak kalah ganjilnya, keganjilan yang hanya ditujukan 'si pengirim anonim' untuk Cormoran seorang. Setelah itu bayang-bayang kebangkrutan karena berkurangnya klien tidak dapat dihindarkan, Cormoran dan Robin tidak punya pilihan selain menjalankan tugas pengintaian dari klien yang tersisa dengan sebaik mungkin.

Empat orang yang telah dicurigai—semua pernah dipenjara karena Cormoran dan sudah dibebaskan—antara lain adalah Terence 'Digger' Malley salah satu dari Sindikat Kejahatan Harringay, Donald Laing mantan Resimen Perbatasan Kerajaan, Noel Brockbank mantan Brigade Lapis Baja Ketujuh, dan Jeff Whittaker mantan ayah tiri Strike. Pencarian informasi dan lokasi keempat orang tersebut tidak mudah dan sangat melelahkan baik secara fisik maupun mental, mengharuskan Cormoran dan Robin mengorbankan kehidupan pribadi mereka dengan harapan dapat menemukan informasi mengenai keempat orang tersebut. Dipaksa bergerak cepat namun harus tepat, Cormoran dan Robin harus sesegera mungkin menemukan 'si pengirim anonim' sebelum mereka benar-benar kehabisan klien dan jatuh korban berikutnya.

Aku ingin memberi nilai ✮✮✮✮✮ untuk buku ketiga serial Cormoran Strike ini. Ceritanya dibuat dengan teliti dan terstruktur memudahkan pembaca memahami jalan cerita yang diberikan. Keunggulan dari karya-karya J.K. Rowling (Robert Galbraith merupakan nama pena dari J.K. Rowling) adalah ceritanya yang detail namun pembawaannya tidak pernah membosankan, rasanya sangat menyenangkan membaca buku ini hingga ke paragraf terakhirnya. Aku sangat nyaman dengan gaya penulisan penerjemah yang dari awal selalu menggunakan bahasa yang mudah dipahami orang awam (kata "edan" adalah kata yang paling akrab dan paling aku ingat dari buku pertama hingga buku ketiga ini hahaha! 😆). Dalam ucapan terima kasih yang terletak di bagian belakang buku dituliskan bahwa penulis juga melakukan survei dalam pembuatan buku ini, memberikan nilai tambah untuk karya ini. Menurutku pribadi buku fisik serial ini cukup tebal dan berat, mungkin aku harus mulai memikirkan untuk membeli e-book agar dapat menghemat tempat dan tenaga.

Jika kalian pecinta novel misteri pastinya kalian akan dengan mudah jatuh cinta dengan serial ini. Aku menyarankan kalian untuk membaca terlebih dahulu dua buku pertamanya yaitu "Dekut Burung Kukuk" dan "Ulat Sutra" agar dapat lebih memahami karakter dan ceritanya. Kalian dapat membeli buku fisik dan e-book "Titian Kejahatan" lewat situs resmi Gramedia, kalian juga bisa mengantre di aplikasi iPusnas dan membaca buku ini secara gratis (yang pasti aku sangat tidak menyarankan kalian membeli buku bajakan). Sekian post kali ini, sampai jumpa di post selanjutnya.
-Alicia❤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Neko Atsume!

Pertama kali baca karya Banana Yoshimoto-sensei "Rumah Tepi Danau"

Misteri Gadis Yugoslavia dalam 'Goodbye Fairy'